Usaha lokal yang menyasar pelanggan di sekitarnya, seperti jasa service AC, tukang bangunan, tukang pompa air, bengkel, salon/pangkas rambut, kursus/les privat dll wajib memiliki Profil Bisnis Google.
Logika pencarian Google mengarahkan calon pelanggan ke bisnis terdaftar dan terdekat dengan lokasi calon pelanggan. Lokasi pelanggan yang dekat akan menguntungkan bagi bisnis karena dapat menghemat waktu dan biaya dalam memberikan pelayanannya.
Untuk itu, segera Buat Profil Bisnis Google Anda sekarang. Menangkan pelanggan baru setiap hari dari Google. Setelah itu, lakukan hal-hal berikut ini untuk meningkatkan kinerja Profil Bisnis Anda:
- Klaim atau Buat Profil Bisnis Google.
- Verifikasi usaha Anda setelah mendapat kode verifikasi dari Google.
- Atur siapa saja yang berhak mengelola Profil Bisnis Google Anda.
- Optimalkan informasi di Profil Bisnis Anda (nama, alamat, nomor kontak, jam operasional, kategori bisnis, daftar layanan, atribut dll). Pastikan informasinya konsisten dengan informasi bisnis Anda di tempat lain.
- Tambahkan foto, video atau tour virtual usaha Anda untuk memberi kesan pertama yang baik kepada calon pelanggan.
- Tambahkan informasi mengenai daftar produk, layanan atau menu serta harga untuk mempermudah calon pelanggan mempertimbangkan bisnis Anda.
- Kumpulkan dan tampilkan daftar pertanyaan dan jawaban terkait usaha Anda yang mungkin ditanyakan calon pelanggan.
- Pertimbangkan untuk menghidupkan fitur berbagi pesan (messaging) agar pelanggan dapat bertanya dan Anda menjawab langsung.
- Tambahkan tombol pemesanan (booking) jika dibutuhkan dan memungkinkan.
- Atur website gratis agar menarik dan menggambarkan profil usaha Anda. Anda juga dapat menyewa alamat website lain misal namausahaanda.com dan mengarahkan website gratis Anda ke alamat tersebut.
- Tautkan Profil Bisnis dengan Akun Iklan Google Anda untuk membuat iklan Google yang lebih efektif mengarahkan pelanggan untuk menghubungi atau mengunjungi usaha Anda.
- Selalu minta/dorong pelanggan untuk memberikan ulasan/review setelah menggunakan jasa Anda. Dan segera jawab setiap ulasan dari pelanggan, baik ulasan positif maupun negatif.
- Periksa dan perbarui profil bisnis Anda secara berkala untuk memastikan informasinya akurat, tambah foto terbaru, posting berita, promosi, dan jadwal acara terbaru dll. Sertakan kata-kata kunci lokal yang mungkin digunakan pelanggan di dalam profil dan posting-an Anda.
- Pelajari fitur Google Insight untuk memahami profil dan perilaku pelanggan Anda untuk menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.
Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk Membuat & Mengelola Profil Bisnis Anda, silakan pesan di www.cariapa.info.
-Salam Sukses-