Bisnis Bengkel Otomotif (mobil/sepeda motor) adalah salah satu bisnis yang prospektif ditekuni. Saat ini hampir semua orang memiliki kendaraan dan setidaknya setiap 2 bulan perlu di-service.
Saat ini pelanggan mencari informasi apa saja di Google dan Google merekomendasikan bisnis yang terdekat dengan lokasi pelanggan. Kata kunci bengkel juga sering dicari pelanggan di Google. Berikut beberapa permasalahan yang sering dihadapi bisnis bengkel otomotif dan solusi mengatasinya.
- Pelanggan merasa biaya service di bengkel resmi terlalu mahal tapi tidak tahu bengkel lain yang kualitasnya baik tapi harganya bersahabat.
- Tidak ada sistem antrian yang jelas di bengkel non-resmi sehingga pelanggan sering berkerumun tanpa kejelasan. Kadang pelanggan yang dikenal oleh mekanik didahulukan.
- Pelanggan tidak memiliki gambaran perkiraan biaya yang dibutuhkan karena tidak ada daftar harga yang jelas dan transparan.
- Tidak ada nomor kontak untuk berkonsultasi tentang permasalahan dan perkiraan biayanya sebelum datang ke bengkel.
- Order tidak menentu, biasanya menumpuk di waktu tertentu (Sabtu/Minggu/Hari Libur).
- Pebisnis kesulitan menemukan cara promosi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan baru.
Berikut beberapa tips pemasaran online dengan Google untuk mengatasi permasalahan diatas.
- Buat Profil Bisnis Google agar pelanggan dapat menemukan informasi bisnis Anda ketika mereka mencari di Google. Buat Profil Bisnis Google: Mudah, Gratis, dan dapat Website.
- Lengkapi profil bisnis Anda dengan: nomor telepon, jam operasional, daftar layanan & harga, foto, penawaran, dan lain-lain. Rajin memeriksa dan memastikan informasi bisnis Anda akurat, profesional dan update.
- Bagikan link profil bisnis Anda (g.page/namabisnis) dan minta review dari pelanggan. Review adalah salah satu pertimbangan utama calon pelanggan ketika memilih penyedia jasa.
- Rajin posting update bisnis Anda di Google seperti foto terbaru, jadwal acara, pekerjaan yang dikerjakan, pelatihan/sertifikasi, dan lain-lain.
- Buat dan posting penawaran menarik di Profil Bisnis Anda seperti potongan harga di hari tertentu, paket berlangganan, dan lain-lain.
- Rajin menjawab pertanyaan dan review pelanggan walaupun hanya sekedar ucapan terima kasih karena sudah memberikan review.
- Aktifkan fitur "Kirim Pesan" (messaging) di profil Anda agar pelanggan dapat mengirim pesan secara pribadi kepada Anda atau cantumkan nomor WA Anda.
- Sebarkan Profil Bisnis Anda dengan memasang link pendek (g.page/namabisnis) di status Whatsapp, Facebook, Instagram, dan lain-lain.
- Pelajari laporan profil untuk memahami perilaku pelanggan dan membangun strategi pengembangan bisnis Anda ke depan.
- Pasang iklan Google sesuai anggaran Anda untuk menyasar pelanggan baru di lokasi tertentu.
- Bangun hubungan dengan pelanggan, bagikan link pendek profil Anda, ingatkan pelanggan jadwal service selanjutnya, kirim ucapan selamat di hari raya, dan lain-lain.
- Berikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan dan praktikkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona dengan memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.
Nah tunggu apalagi, Segera Buat Profil Bisnis Google dan Dapatkan Website Gratis untuk Usaha Anda. Untuk bantuan membuat Profil Bisnis Google, hubungi kami di www.cariapa.info .
-Salam Sukses-