Proses pasang iklan di Google adalah Mudah dan Cepat. Namun yang lebih penting bagi pebisnis adalah untuk memastikan iklan yang dipasang dapat berkontribusi positif atau memberi keuntungan bagi bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Perhatikan ha-hal berikut ini sebelum memasang iklan di Google agar iklan Anda bisa mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.1. Apakah ada permintaan konsumen yang memadai di internet untuk produk/layanan yang Anda akan iklankan. Anda perlu menjawab 3 pertanyaan berikut sebelum memutuskan untuk memasang iklan Google untuk kata kunci tertentu:
- Apakah kata kunci yang ingin disasar cukup banyak dicari di Google?
- Apakah pelanggan yang mencari kata kunci tersebut kemungkinan akan membeli produk/layanan saya?
- Apakah saya mampu bersaing untuk memasang iklan untuk kata kunci tersebut?
2. Tentukan berapa Biaya/Klik Maksimum (Max CPC) yang menguntungkan untuk iklan Anda. Angka ini menentukan maksimum anggaran iklan yang menguntungkan bagi Anda. Max CPC dihitung menggunakan formula sederhana ini:
Max CPC = (Keuntungan per Pelanggan) x (1 – Margin Keuntungan) x (Tingkat Konversi Website)
- Saya menawarkan jasa service AC dengan harga 70 ribu / unit, Margin Keuntungan 40%, Tingkat Konversi Website 3% (berapa % orang yang klik iklan dan akhirnya menjadi pelanggan), dan Keuntungan/Pelanggan 56 ribu (karena rata-rata pelanggan men-service 2 unit AC).
- Jadi Max CPC = (56.000) x (1 - 40%) x (3%) = Rp1.008
- Sehingga, ketika memasang iklan di Google, pastikan Biaya/Klik (CPC) iklan Anda dibawah Rp1.008 untuk memastikan promosi yang Anda lakukan menguntungkan.
4. Rumuskan pembeda (unique selling point) yang kuat antara produk/bisnis Anda dengan pesaing dan alasan untuk pelanggan memilih produk/bisnis Anda.
5. Buat penawaran yang tidak mungkin ditolak oleh pelanggan. Pastikan penawaran Anda Berharga, Dapat Dipercaya, Tidak Beresiko Bagi Pelanggan, dan memiliki Call to Action (aksi yang diharapkan dari pelanggan: menelpon, mengunjungi website, mengisi formulir, download aplikasi, dll) yang jelas.
6. Buat iklan yang menarik perhatian calon pelanggan. Ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan ketika membuat iklan Google yaitu Judul (Headline), Deskripsi (Description) 1 & 2, dan Website Tujuan (Display URL).
- Judul adalah bagian yang paling penting dalam sebuah iklan karena hal yang pertama dilihat oleh calon pelanggan. Sertakan kata kunci yang disasar di judul iklan dan buat dalam pertanyaan misalnya: AC Anda tidak dingin?
- Pada bagian Deskripsi, jelaskan keunggulan produk/layanan serta pembeda Anda dengan pesaing. Sertakan bukti sosial dan jelaskan penawaran Anda dan aksi apa yang Anda harapkan pelanggan lakukan (call to action): menelpon/mengunjungi website/isi formulir/download aplikasi dll.
- Buat alamat website tujuan yang menarik dan gampang diingat oleh pelanggan.
8. Siapkan alat atau mekanisme untuk mengukur konversi/hasil dari iklan agar kinerja iklan dapat dimonitor dan dioptimasi.
9. Setelah Anda menyiapkan hal-hal diatas, Anda sudah siap untuk memasang iklan di Google. Pastikan Anda mengatur dimana dan untuk kata kunci apa iklan ditampilkan:
- Google Search vs Google Display Network (website/aplikasi di jaringan Google).
- Komputer vs Handphone/Tablet
- Tipe Kata Kunci: Broad Match (semua pencarian yang mengandung kata kunci yang disasar) vs Phrase Match (hanya pencarian yang mengandung frase kata kunci tertentu). Misalnya jika kita menyasar kata kunci 'Service AC', pada tipe broad match ada kemungkinan cleaning service juga kemungkinan disasar. Sementara jika menggunakan tipe phrase match tidak.
- Negative Keyword: kita juga bisa menentukan kata kunci yang tidak ingin kita sasar.
Demikian beberapa tips memasang iklan Google yang sukses. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau bantuan, silakan menghubungi kami di www.cariapa.info .